Monday, November 22, 2010

22-11-2010 ( harus total )

rmbi - trans

Senin 22 nov 2010

Malam ini saya di bbm oleh seorang teman. Dia cerita kalau mau pensiun dari profesinya sekarang dan ingin buka usaha rumah makan di kotanya. Saya ngga akan membahas kenapa dia mau buka rumah makan. Tapi saya ingin mengingat ( walau itu pedih) kegagalan saya dalam usaha rumah makan.
Kejadiannya pada tahun 2003. Saya dan ibu membuka rumah makan di bekas rumah tetangga yg dibeli oleh ibu..

Ada beberapa kesalahan fatal yg kami lakukan pada waktu itu:

1. Tidak belajar dahulu tentang bisnis makanan
2. Tidak mengambil jalan pintas dengan menyewa konsultan rumah makan
3. Tidak mempunyai produk unggulan
4. Tidak ada diferensiasi
5. Tidak ada keunggulan dibanding produk sejenis dipasaran
6. Strategi harga yg tidak berdasar suatu pemikiran strategis maupun taktis
7. Kemasan yg tidak baik
8. Tidak mampu menekan angka kebocoran. Tidak efesien dalam pengelolaan sumberdaya
9. Promosi yg salah alat, waktu, dan sasaran
10......

Intinya kami tidak total disitu

Bisnis harus total, either you win it or you loose it. No draw !!!

So my friend: my advice for you is: do it with your heart, mind, and keep your spirit up.

No comments: