Wednesday, January 04, 2012

kosongkan gelasmu

dalam perjalanan ke solo kemarin tahun baruan, saya mendengarkan radio yang sukanya ngomongin jalan macet dimana, alamat palsu dimana..eh

alhamdulillah ternyata ada info kecelakaan di dekat ciwi kimia, truk menggulingkan dirinya sehingga menutup jalan, akhirnya saya lewat tulangan atau krembung ya..entahlah..jujur saya ketiduran, pak marwan yang pintar yang memilih jalan yang akan kami lewati ke solo.

kembali ke radio cerewet, begitu saya menyebutnya...ada suatu saat dimana seseorang diminta berbicara tentang sesuatu yang mereka sebut "titik nol". temanya sih tidak jauh jauh dari pengembangan diri, atau motivasi dan yang sperti itu lah...kamu tau kan maksudku. :)

anyway seseorang di radio cerewet itu pada fase titik nol dia menceritakan bahwa sesuatu itu berguna jika dalam keadaan kosong. dia memberi contoh gelas. gelas itu berguna jika dia kosong. gunanya apa menampung minuman. atau dalam kasus master Yulim fungsi gelas adalah sebagi tempat menumpahkan minuman trus difoto. bagus juga sih. eh...ya intinya adalah kita diminta tidak merasa sudah bisa. jika kita sudah merasa penuh, maka kita tidak akan bisa belajar lagi..karena gelas kita sudah penuh.

gelas penuh air baru tidak bisa masuk

padahal terkadang gelas kita penuh dengan pengetahuan yang kurang penting dibanding pengetahuan baru yang lebih baik dan segar

maka saya senang sekali dan berusaha mengosongkan gelas saya setiap mendengar dan melihat penjelasan ilmu baru dari siapapun itu.

seperti ilmu dari master YULIM


No comments: